Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Apa Itu Haki Yang Ada Di One Piece?

Apa Itu Haki Yang Ada Di One Piece?

Jika Anda Bertanya Tentang Haki? maka jawabanya ada di anime one piece Berhubung kemarin ada yang bertanya tentang haki, saya jadi tertarik untuk menyalurkan opini tentang haki menurut sudut pandang saya. Mohon jangan terlalu dimasukkan dalam hati karena sekali lagi ini hanya menurut sudut pandang saya.

Kenbunshoku Haki
Kenbunshoku Haki

“Kemampuan untuk merasakan keberadaan musuh secara kuat.” Rayleigh
 Semua makhluk hidup itu hidup. Dengan maksut jika makhluk itu hidup, maka pasti memiliki hawa kehidupan. Perbedaan mereka dengan benda mati adalah mereka bernapas, bergerak, dan menanggapi rangsang. Karena itulah dengan panca indra, kita bisa membedakan mereka dengan benda mati.

 Tapi bagaimana kalau kita mempertajam panca indra kita? Kita akan bisa merasakan kedatangan seseorang dari belakang hanya dengan mendegar langkah kakinya, atau bahkan hanya dengan merasakanya bernapas. Sebagai contoh apa kalian pernah masuk ke dalam ruangan kosong? Apa kalian merasakan perbedaan antara ruangan yang benar-benar kosong dengan ruangan yang di dalamnya terdapat orang-orang yang sedang bersembunyi di bawah meja? Jelas berbeda.
adanya perbedaan tekanan udara dalam ruangan yang disebabkan oleh perbedaan banyaknya orang yang bernapas di dalamnya. Jadi mempelajari teknik ini sebenarnya tidak mustahil tapi tidak mudah juga. Menambah sensitifitas pada kepekaan dapat didapatkan dengan cara benar-benar menyatu dengan alam sekitar.
 Jika sudah seperti itu, seseorang bahkan bisa memprediksi pergerakan makhluk hidup dengan cara merasakan perubahan udara di sekitar tubuh dan menganalisanya melalui saraf sensorik secara cepat.

Bushoshoku Haki

“Keluatan untuk membuat tubuh seakan-akan menggunakan senjata tak terlihat.” Ray-san
 Seperti yang terlihat di manga, saat seseorang menggunakan teknik ini bagian tubuhnya menghitam dan menjadi sangat keras. Sebenarnya menurut saya ini sederhana.
Katakanlah kalian meninju tembok dengan sekeras-kerasnya. Oke sudah? (Jangan dilakukan beneran oii.. dibayangin aja) Baiklah kalau begitu lupakan dulu sejenak. Selanjutnya dalam kondisi berbeda, bayangkan saja kalian baru saja salting di depan gebetan yang membuat kalian melakukan hal yang dipandang memalukan oleh doi.

Lalu dengan perasaan masih kesal, kalian maninju tembok yang sama. Baiklah sekarang coba ingat lagi perasaan saat kalian meninju tembok di awal tadi. Apa kalian merasakan perbedaannya? Pasti pada pukulan yang dibarengi rasa gelisah dan kesal karena salting di depan doi tadi tidak terlalu terasa dibanding pukulan yang awal kan? Itu masuk akal karena pada saat kesal tadi, otak akan mengirim perintah untuk mengabaikan rasa sakit yang berasal dari tangan.

Karena hanya perasaan kesal saja yang diterjemahkan dan dikirimkan ke tubuh. Selain itu juga karena rasa kesal tadi, keadaan otak tidak stabil. Karena itu tangan akan mendapat kiriman energi yang lebih dari biasanya. Jadi karena itulah dampaknya akan lebih besar.

Memang itu terdengar hal yang wajar. Tapi dalam penguasaan haki busho, pengguna haki ini dapat mengendalikan kondisi otak tersebut. Tanpa disertai emosi yang memanipulasinya, mereka bisa sesuka hati mengirim energi dan mengabaikan rasa sakit pada anggota tubuh yang mereka inginkan. Tapi jelas dampak mengirimkan energi berlebih ke anggota tubuh tertentu akan menghabiskan energi yang harusnya didapatkan oleh anggota tubuh lain. Juga pengendalian otak sudah jelas membutuhkan energi yang banyak.

Karena otak adalah penyokong seluruh tubuh. itulah alasan mengapa pada kasus seorang yang menggunakan haki busho dalam pertarungan akan lebih menguras stamina dari pada bertarung tanpa haki busho.

Haoshoku No Haki

“Kekuatan untuk mengintimidasi musuh.” Mei’O
 Mungkin ini yang paling sulit dijelaskan. Konsep yang diberikan Oda lewat Rayleigh tentang haki ini adalah semangat dalam diri seseorang yang jarang dimiliki banyak orang. Tapi sepertinya saya memiliki pandangan yang agak melenceng sedikit. Kekuatan ini berasal dari hawa membunuh dari penggunanya.

Jika berasal dari semangat, bukankah itu akan membuat seorang yang merasakannya akan menjadi bersemangat juga? Bukan maksut membandingkan anime, tapi apa kalian pernah menonton Hunter x hunter? Dalam anime ini, sering terjadi karakter yang mengintimidasi musuhya dengan hawa membunuh.

Menurut saya ini termasuk kejadian yang nyata. Seperti seorang yang memiliki phobia berlebih pada sesuatu. Saat phobia-nya kambuh pada kondisi paling buruk, sang pengidap phobia bisa mengalami pingsan (Bahkan teman saya pernah tiba-tiba pingsan dalam kelas karena dia memiliki phobia terhadap tikus dan kambuh saat melihat tikus).

Inilah yang coba saya utarakan. Pengguna hao akan mengaktifkan hawa membunuhnya pada musuh. Musuh akan mengalami ketakutan. Bila mereka mencapai batas ketahanannya, mereka akan tidak sadarkan diri. Mungkin kalian berpikir harusnya semua orang bisa mengaktifkan hawa membunuh.

Tapi menurut saya itu dibutuhkan bakat. Memanipulasi ketakutan pada orang lain membutuhkan hawa kehidupan yang sangat kuat. Karena itu saya setuju dengan Rayleigh bahwa mengintimidasi tidak bisa dilatih. Hanya orang yang memiliki hawa keberadaan kuatlah yang layak menjadi pemimpin. Karena pemimpin harus bisa memerintah orang lain dan meyakinkan mereka untuk melakukan perintah tersebut. Karena itulah haki ini disebut haki raja.

Mohon kritik dan sarannya minna.🙏🙏 Dan terima kasih sudah mau membaca. Bagi yang bosan, saya sudah sediakan bonus pict Nami di nomor 6😁
Open Comments