Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Fakta One Piece Arc Perang Marineford

Fakta One Piece Arc Perang Marineford

Fakta One Piece Arc Perang Marineford

Fakta-fakta yang terjadi selama berlangsungnya Perang Besar di MarinefordYoo Nakama one Piece,
Meskipun perang Marineford telah lama berlalu namun masih banyak menyisakan perdebatan di antara kita tentang beberapa hal, karena itu saya mencoba mengumpulkan kembali fakta-fakta yang ada saat terjadinya perang tersebut, agar menghasilkan sebuah konklusi yang  kiranya bisa kita terima bersama atau setidaknya kita bisa sama-sama menyetujui beberapa hal.

Saya berusaha untuk menyajikan fakta-fakta ini secara berurutan sesuai dengan awal mula dimulainya perang hingga berakhir.

Catatan: Jika ingin berdiskusi karena tidak menyetujui suatu hal, silahkan sebutkan fakta nomor berapakah yang tidak anda setujui, jika saya bisa menjawab maka saya akan menjawabnya, jika saya tidak bisa, maka saya mengharap bantuan nakama one Piece lainnya atau para senior di sini untuk membantu memberikan jawaban serta  memberikan koreksi jika ada kesalahan dalam fakta-fakta yang saya tulis berikut ini.

BTW: Let's do this

1. Perang Marineford terjadi antara Yonkou Shirohige melawan Marine yang dibantu oleh 5 orang Shichibukai.

2. Luffy dan pelarian dari Impel Down, Kurohige serta Yonkou Shank adalah tiga pihak (di luar fakta no. 1) yang terlibat dalam perang karena sebab dan tujuan yang berbeda.

3. Shirohige hingga saat ini adalah satu-satunya Yonkou yang berani menyerang Marineford secara langsung.

4. 4 (Empat) dari 5 (Lima) Shicibukai yang membantu Marine dalam perang MF pernah berhadapan atau bertemu dengan Luffy (SHP) sebelumnya, yaitu:
- Takanome Mihawk bertemu pertama kali di East Blue, lokasi "Baratie Restaurant".
- Gecko Moria bertemu SHP di Florian Triangle, Thriller Bark.
- Kuma bertemu SHP di Thriller Bark.
- Boa Hancock bertemu Luffy di  Amazon Lily.

5. Pimpinan tertinggi MF saat terjadinya perang adalah  Laksamana Armada "Sengoku The Buddha".

6. Portgas D. Ace adalah anak dari seorang ibu yang bernama Portgas D. Rouge berasal dari sebuah pulau bernama Batelira di "South Blue". Demi untuk keselamatan putranya Portgas D. Rouge melakukan hal di luar kebiasaan yaitu menyembunyikan kandungannya atau menyimpan Ace di rahimnya selama 20 Bulan lalu meninggal sesaat setelah melahirkan putranya yaitu Portgas D. Ace.

7. Serangan pembuka pertempuran di MF dilakukan oleh Shirohige (Sekai Saikyo no Otoko/ Manusia Terkuat di Dunia) dengan kekuatan Buah Iblis miliknya "Gura Gura no Mi", yaitu dengan menciptakan gempa laut dan tsunami yang diarahkan menuju bangunan MF.

Serangan pertama dari pihak Marine di lakukan oleh Admiral Aokiji yaitu membekukan Tsunami dan lautan di sekitar MF yang diciptakan oleh Shirohige sekaligus sebagai counter attacks atau serangan balasan.

8. Dalam perang MF inilah diumumkan dan diketahui secara luas bahwa Portgas D. Ace adalah putra dari Raja bajak Laut Gol D. Roger dan juga Luffy adalah putra dari pimpinan pasukan Revolusi yaitu Monkey D. Dragon.

9. Admiral Kizaru mengatakan bahwa Buah Iblis milik Marco The Phoenix adalah tipe "Zoan Mitologi" yang lebih langka dari Buah Iblis tipe Logia.
Marco juga mempunyai kekuatan fisik dan kecepatan yang sangat luar biasa. Dia mampu menendang Laksamana Kizaru dan Aokiji.

10. Shicibukai Donquixote Doflamingo dengan mudah menghadapi dan menghentikan serangan Jozu Komandan Divisi ke-3 dan Atmos Komandan Divisi ke-13 Bajak Laut Shirohige terhadap dirinya, bahkan cenderung mempermainkan salah satu dari mereka.


11.  Vista merupakan komandan divisi ke-5 Bajak Laut Shirohige, sepertinya dia adalah salah satu pendekar pedang terhebat dari kru Shirohige dan Vista mampu mengimbangi permainan pedang Shicibukai Mihawk.

12. Pacifista atau Manusia yang di modifikasi menjadi senjata yang di buat oleh Dr. Vegapunk di perkenalkan pertama kali dalam jumlah besar di perang MF.

13. Kapten SHP "Luffy" menerima atau terkena serangan secara langsung dari beberapa tokoh kuat dari Pihak Marine diantaranya: dari Tiga orang Admiral yaitu Kizaru, Aokiji dan Akainu, dari  Sichibukai Mihawk, dari beberapa Vice Admiral salah satunya Momonga dan bahkan serangan langsung dari seorang Fleet Admiral Sengoku..!

14. Shirohige menerima luka pertama kali yaitu tusukan pedang melalui dada menembus ke punggung yang di lakukan oleh aliansinya sendiri yaitu Squard. Squard termakan siasat yang lancarkan oleh Akainu yaitu dengan menghasut Squard. Siasat itu berhasil dengan sangat baik membuat tertikamnya Shirohige "Sang Manusia Terkuat di Dunia".

15. Mantan Shicibukai Crocodile menunjukkan kekecewaannya saat mengetahui bahwa Shirohige membiarkan dirinya tertikam dengan mudah. begitu juga Marco meyakini bahwa Shirohige tidak akan begitu mudah dilukai oleh Squard kecuali memang dia sengaja membiarkan hal itu terjadi.

16. Julukan "Manusia Terkuat di Dunia" untuk Shirohige diakui oleh Sengoku dan Garp! Alasanya karena mereka sering menyebutnya demikian.

17. Dua kekuatan dari Buah Iblis yang paling merusak dan memiliki jangkauan yang paling luas dalam perang MF ini adalah Gura Gura no Mi milik Shirohige dan Magu Magu no Mi milik Akainu.

18. Serangan Diamond Jozu mampu melukai Aokiji.

19. Pukulan Vice Admiral Garp mampu menghempaskan Marco, meskipun nampaknya tidak melukai.

20. Hunjaman, tikaman pedang, letusan senjata api, ledakan peluru meriam dan bahkan pukulan dari berbagai kekuatan Buah Iblis terkuat dan dari orang-orang terkuat bersarang di tubuh Shirohige namun belum juga mampu menjatuhkannya, Si Manusia Terkuat di Muka Bumi masih bertahan..!!

21. Pertama kali diketahui banyak tokoh saat Perang MF ini adalah bahwa Luffy memiliki Haoshoku Haki, meskipun itu di luar kesadarannya dan belum dapat mengontrol kekuatan tersebut.

22. Luffy bersama kru Shirohige dan aliansinya berhasil mencapai tujuan untuk menyelamatkan Ace, sementara itu pihak Marine telah gagal untuk mengeksekusi Ace.
Dari segi "tujuan" maka pihak Marine telah kalah karena tidak berhasil memberikan hukuman mati kepada Ace di panggung eksekusi..!

23. Perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh Bajak Laut Shirohige dan Luffy akhirnya sia-sia. Ace meninggal saat melawan Akainu yang telah menghina Shirohige, saat ingin menyelamatkan Luffy dari serangan Akainu. Dan pada dasarnya kekuatan Akainu masih jauh melampaui kekuatan Pertgas D. Ace.

Catatan khusus dariku: Sudah sepantasnya Ace mati dalam pertempuran ini karena telah menyia-nyiakan begitu banyak nyawa, begitu banyak pengorbanan..! Yah, kematian yang sungguh sia-sia karena keras kepala dan bertindak semaunya.

24. Edward Newgate aka Shirohige akhirnya tewas dalam perang MF setelah menghadapi 3 Admiral + ratusan Marine bahkan sempat menghadapi Bajak Laut Kurohige. Tubuh Yonkou Shirohige di penuhi dengan luka,
- 267 luka akibat senjata pedang
- 152 luka tembakan
- 46 luka tembakan meriam
465 luka di tubuhnya (belum termasuk pukulan dari Akainu maupun Kizaru) baru berhasil menewaskan Shirohige "Sekai Saikyo no Otoko"..!!

25. Admiral Akainu merupakan salah satu kekuatan besar dari Pihak Marine. Bukan hanya memiliki kekuatan Buah Iblis tipe terkuat yaitu Logia, namun Akainu juga memiliki ketahanan fisik yang sangat kuat.
Dua kali menerima langsung dengan sangat telak pukulan dari Shirohige, tidak sampai membuatnya tewas. Berhadapan dengan banyak tokoh dari pihak Bajak Laut Shirohige, 15 komandan divisi Bajak Laut Shirohige, berhadapan dengan Jinbei, Ivankov dan mengatasi mereka semua. Hanya Shirohige seorang yang tidak mampu dikalahkan oleh Akainu.

26. Tiga tokoh yang terlibat dalam Perang MF ini yang nyata memiliki ketahanan fisik yang luar biasa adalah Shirohige, Admiral Akainu dan Kapten SHP "Luffy".

27. Yonkou Shanks datang untuk menghentikan peperangan. Kedatangan Shanks di iringi beberapa kejadian yaitu:
- Shanks menangkis pukulan Magma Akainu dengan pedangnya ketika Akainu hendak membunuh Coby.

- Benn Beckman yang merupakan "First Mate" kru RHP menghentikan Kizaru dengan menodongkan pistolnya ketika Kizaru hendak menyerang Luffy yang di bawa oleh Trafalgar D, Law di kapalnya. Nampaknya Kizaru terkejut, bukan takut terhadap Benn Beckman. Buktinya adalah, sebentar kemudian Kizaru melancarkan serangan menggunakan "Yasakani no Magatama" ke arah Kapal Law yang membawa Luffy.

- Kurohige merasa belum mampu/ belum siap menghadapi Shanks, dan memilih pergi dan menghentikan serangan terhadap Marine.

- Fleet Admiral Sengoku menyetujui permintaan Shanks untuk menghentikan peperangan, sekaligus membiarkan Shanks mengambil mayat Shirohige dan Ace untuk dibawa dan dikebumikan.

28. Perang besar di Marineford telah berakhir dan berakibat tewasnya Shirohige dan Portgas D. Ace, begitu juga salah satu komandan divisi yaitu Jozu kehilangan sebuah lengannya. Salah satu akibat terbesar dari pihak Marine adalah Markas Besar Marine hampir hancur total.
(Catatan: Akibat yang ditulis adalah garis besarnya saja)

Tambahan:
- Satu-satunya pihak yang mendapat kemenangan atau mencapai tujuan dalam perang Perang Besar di Marineford ini adalah Kurohige. Kurohige berhasil mendapatkan kekuatan Gura Gura no Mi milik Shirohige setelah kematiannya. Kekuatan yang sangat dahsyat yang akan membuat Kurohige sebagai salah satu tokoh terkuat dalam cerita ini atau bahkan mungkin yang paling kuat.
Di perang inilah kita baru mengetahui bahwa seseorang dapat memiliki dua kekuatan Buah Iblis karena alasan tertentu.

Sebagai penutup sekaligus #honorable_mention dalam tulisan ini adalah tokoh yang mendapat banyak perhatian, pujian dan sanjungan karena di anggap sejajar tingkatannya dengan Shirohige maupun Shanks di Perang MF ini, dialah Legenda hidup "Buggy" Sama, LOL
BTW: Semua perhatian dan sanjungan itu hanya berasal dari pengikutnya yaitu para pelarian dari Impel Down.

Salam damai One Piece dan persahabatan 👌
Open Comments