Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Kekuatan Dan Peran Akagami no Shanks

Kekuatan Dan Peran Akagami no Shanks

Kekuatan Dan Peran Akagami no Shanks
Akagami no Shanks - Tulisan ini berisi pendapat-pendapatku tentang karakter yang sering menjadi bahan pembahasan di berbagai grup One Piece, Shanks si Rambut Merah. Aku di sini memosisikan diri di tengah dan menulis dengan tidak mengabaikan netralitas. Mengapa demikian? Sebab aku paham, membahas tentang Shanks cukup sensitif dewasa ini. Aku hanya tidak mau kolom komentar postinganku kacau. Itu saja.

Aku akan mulai membahas tentang kekuatan. Seberapa kuat karakter yang satu ini? Layakkah ia disebut Yonko terkuat? Apakah tidak berlebihan menyebutnya sebagai Raja Haki?

Kekuatan Shanks
Kekuatan Shanks
Shanks hingga saat ini, diketahui bukan sebagai pemakan Buah Iblis. Namun, itu bukan berarti kekuatannya di bawah para pengguna kekuatan Buah Iblis. Ada karakter-karakter kuat yang tidak mengonsumsi buah yang akan membuat si pengonsumsi tidak bisa berenang itu. Garp dan Mihawk contohnya.

Kekuatan yang paling Shanks andalkan ada dua: Haki dan keterampilan berpedang. Tidak diragukan, Haki orang ini di atas rata-rata. Ia orang pertama dan satu-satunya saat ini yang mampu merusak benda mati dengan Haki Hao yang ia keluarkan sendiri. Hal itu ia tunjukkan di atas kapal Shirohige. Big Mom bisa menghancurkan KX-Launcher, namun itu karena gabungan Haki Hao dengan teriakannya. Bahkan, yang berperan banyak sebenarnya suara kerasnya itu, bukan Haki Haoshoku Shanks. Luffy dan Katakuri mampu menghancurkan lantai dan dinding Dunia Cermin, tapi ingat itu benturan Haki Hao, bukan Haki Hao dari salah seorang saja.

Haki Busoshoku dan Kenbunshoku juga Shanks kuasai. Hal itu juga dikonfirmasi dalam Databook Vivre Card. Soal Buso, ia pernah memamerkannya saat menahan tinju magma Akainu. Itu Buso tanpa Koka. Jangan heran kenapa Shanks tidak memakai Koka. Bukan karena meremehkan Akainu, juga bukan karena ia merasa Haki Buso biasa saja sudah cukup. Itu karena konsep Koka baru Oda munculkan setelah time skip.

Dari fakta-fakta tentang Hakinya, layakkah Shanks disebut Raja Haki seperti yang acap disuarakan para penggemarnya? Kurasa, tidak. Setidaknya belum. Haki Haoshouku yang meretakkan kapal Shirohige itu masih belum layak menjadikan Shanks Raja Haki. Raja Haki berarti yang paling jago dalam menggunakan segala jenis Haki.

Kehebatan dan hal spesial apa yang ia tunjukkan sampai sejauh ini dengan Buso haki dan Kenbunshoku haki miliknya? Belum ada. Jangan bilang soal meminta menarik mundur Ace sebagai bagian dari Kenbun yang telah melihat jauh ke masa depan. Terlalu berlebihan. Shanks hanya paham kekuatan Teach. Baginya, Teach dan Ace belum layak bertemu. Ia mungkin yakin Ace bukan tandingan Teach.
Saat keduanya bertemu, Ace bisa kalah dan hal buruk berpotensi terjadi. Tidak boleh dibiarkan.

Shanks belum pantas disebut sebagai Raja Haki dari apa yang sudah diketahui sampai saat ini!
Kekuatan Haki Haoshoku Shanks
Selain soal frasa Raja Haki yang kontroversial, hal yang acap menjadi perdebatan juga tentang Yonko terkuat. Apakah Shanks orangnya? Ada-ada saja penggemarnya yang berkata iya. Orang-orang netral dan para pembenci banyak yang bilang tidak.

Bagiku memang tidak. Dari gelar, yang terkuat tentu Kaido. Jika kalian menganggap Shanks adalah 'makhluk', maka jelas ia tak sekuat Kaido. Kecuali kalian menganggap Shanks bukan makhluk, ya aku angkat tangan.

Pertempuran Shanks Vs Kaido
Shanks Vs Kaido : Mungkin ada yang ingin bilang, "Tapi dia berhasil menghentikan Kaido waktu Kaido ingin menggangu Shirohige." Ya, benar. Namun, apa itu berarti Shanks menghentikannya melalui pertarungan? Jelas tidak, walau asumsi Marinir mereka bentrok. Kalau memang keduanya bertarung serius sampai keluar pemenang, mana mungkin Shanks tidak ada lukanya saat datang ke Marineford.

Paling masuk akal, jalur diplomasi. Sulit, tapi bukan mustahil mengingat di kubu Shanks ada sosok cerdas bernama Benn. Mungkin Benn sudah mengatur segalanya sampai si Makhluk Terkuat berhasil digagalkan mengganggu Shirohige dengan cara nonkekerasan.

Jadi, lagi-lagi aku tidak setuju jika Shanks dikatakan sebagai Yonko terkuat. Lalu, apakah dia Yonko terlemah? Aku cenderung pro pendapat yang berbunyi begitu. Bukan meremehkan Shanks. Jangan salah paham, dan jangan memberi komentar konyol "Kalau lemah tidak mungkin jadi Yonko." Komentar konyol itu sering kubaca saat ada yang beropini Shanks Yonko terlemah. Tolong bedakan "lemah" dan "Yonko terlemah".

Jika ada yang bilang Shanks lemah, maka aku salah satu yang tidak setuju. Bahkan, tak ragu aku ingin bilang bahwa orang itu hanya memancing saja, atau kalau serius, berarti dia tak benar-benar mengikuti jalannya cerita One Piece.

Shanks jadi Yonko sudah membuktikan dia kuat. Ditambah fakta soal dia rival Mihawk si Pendekar Pedang Terkuat, ya berarti memang dia kuat.

Akan tetapi, Yonko terlemah sangat berbeda dengan lemah. Yonko terlemah hanya dalam ruang lingkup Yonko saja. Lebih lemah dibanding Kaido, Big Mom, dan--maaf--Teach. Ini opiniku, bisa disanggah pakai opini juga.

Meski bagiku terlemah di antara para Yonko, namun aku tetap meyakini kekuatan Shanks itu hebat. Haki di atas rata-rata, keahlian berpedang setara Mihawk, dan kemampuan kecepatan yang baik. Shanks sangat kuat.

Peran Penting Shanks
Akagami No Shanks Vs Akainu
Selain kuat, Shanks pun berperan penting dalam cerita One Piece. Yang pertama, tidak dapat dibantah bahwa ia menyelamatkan nyawa Luffy, bahkan lengan kirinya harus hilang sebagai konsekuensi.
Shanks juga memotivasi Luffy menjadi bajak laut hebat, topi miliknya yang ia dapat dari Roger, dititipkan pada Luffy yang kelak harus dikembalikan, saat bocah itu sudah berhasil jadi bajak laut yang hebat.

Shanks juga mengambil peran penting dalam Perang Puncak Marineford. Pertama, ia menghentikan Kaido.
Jika Kaido masih teguh dengan niatnya mengganggu Shirohige, tak menutup kemungkinan Kaido akan ke Marineford. Ini bisa berdampak sangat buruk, bahkan Luffy bisa makin terancam di sana seiring bertambahnya musuh kuat. Juga, tak menutup kemungkinan ada komandan divisi Shirohige selain Ace atau orang penting Angkatan Laut yang mati. Sudah benar Shanks menghentikan Kaido.

Si Rambut Merah ini juga menyelamatkan Coby. Ia berperan penting tak hanya bagi Luffy, namun juga bagi Coby dan Akainu atau Garp. Jika Coby tidak ditolong Shanks, dia kemungkinan besar mati. Jika Coby mati, kemarahan Garp terhadap Akainu akan lebih besar. Akan benar-benar memuncak.

Bisa saja saat Sengoku lengah, Garp benar-benar menyerang Akainu. Salah satu dari Garp atau Akainu bisa mati, atau minimal luka parah. Hal itu tidak terjadi akibat peranan Shanks.

Dan yang sangat mengesankan, ia berperan penting dalam menghentikan Perang Puncak Marineford. Harus kuakui, keren sekali aksinya menghentikan perang besar tersebut.

Shanks berperan penting di berbagai kemunculannya. Aku mengakui itu.

Penuh Kejutan Adalah Ciri Akagami no Shanks

Orang ini penuh kejutan! Aku terkejut saat ia mengusir monster laut hanya dengan tatapan dan kata-kata. Kala itu chapter 1, belum pernah disinggung soal Haki Raja, makanya mengejutkan. Kalau sekarang, hal itu sudah tidak mengejutkan lagi.

Penjelasan Garp soal Yonko juga :
mengejutkanku. Ternyata, ada empat bajak laut yang dianggap Kaisar Lautan, dan Shanks si Rambut Merah, pria santai yang debut pada chapter pertama, adalah salah satunya.

Kemunculannya di kapal Shirohige, di Marineford, di Mary Geoise, juga mengejutkan. Yang di Mary Geoise juga masih bikin penasaran. Siapa bajak laut tertentu yang ingin Shanks bahas? Bisa saja soal bajak laut/kelompok Rox yang telah ia sadari kebangkitannya.

Soal Gorosei mau mendengar apa yang hendak ia katakan, bagiku pribadi tidaklah mengejutkan. Shanks merupakan Yonko yang paling santai, pasti jarang berbuat onar seperti yang lain. Katakanlah ia yang "Yonko paling baik". Wajar Gorosei mau mendengar apa yang hendak "Yonko paling baik" itu ucapkan.

Selain itu, Shanks juga pernah mengentikan perang di Marineford. Hal yang memberi dampak postif juga bagi Marinir sebagai bagian dari Pemerintah Dunia. Memang mereka sudah di atas angin waktu itu, tapi jika Shanks tidak datang menghentikan perang, bisa saja Marco dan yang lain jadi pantang menyerah dan melawan hingga titik darah penghabisan, dan menghasilkan bertambah juga korban di pihak Angkatan Laut.

Dengan mempertimbangkan hal-hal macam itu, dan mungkin juga hal-hal lain, Gorosei mau mendengarnya. Toh, kakek-kakek tua itu juga pasti paham, Shanks sudah repot-repot ke sana, pasti yang akan ia bicarakan adalah sesuatu yang penting.

Penggemar Fanatik dan Pembenci Menakutkan

Shanks menghasilkan banyaj penggemar fanatik dan pembenci menakutkan. Ini bukan tentang Shanks itu sendiri, namun masih berhubungan dengan karakter yang satu itu.

Fanatisme dalam banyak hal bukan sesuatu yang baik. Begitu juga dalam mengidolakan Shanks si Rambut Merah. Banyak kulihat, penggemar-penggemar Shanks terlalu berlebihan dalam memuji Shanks. Di sisi lain, ada banyak orang yang menjadi pembenci Shanks. Beberapa dari mereka sangat menakutkan, serangan-serangannya brutal.

Dua kubu ini perdebatannya sering menghiasi grup-grup One Piece. Mulai dari debat sehat dengan argumentasi-argumentasi yang baik, sampai debat kasar yang juga penuh ad hominem antarkedua kubu ini sering kulihat.

Adanya pembenci Shanks yang menakutkan asumsiku adalah karena sebab-akibat. Disebabkan banyak penggemar fanatik Shanks yang berlebihan, maka akibatnya muncullah orang-orang yang membenci Shanks secara berlebihan juga. Di balik hinaan yang sering dialamatkan pada Shanks, sebenarnya ada kebencian mendalam pada para fan fanatik Shanks itu.

Ya ... harus kuakui, tanpa kehadiran dua kubu ini, grup-grup One Piece tidak mungkin seramai sekarang. Dua kubu ini akan tetap ada, akan tetap berdebat, akan tetap memberi hiburan tersendiri bagi beberapa orang yang tidak tergabung di dalamnya.

Ringkasan Tentang Shanks

Tulisan ini mungkin cukup panjang. Aku tidak akan kaget jika banyak yang tidak membaca secara keseluruhan. Maka dari itu, aku membuat ringkasannya.

Pendapatku, Shanks sangat kuat. Bisa menjadi Yonko dan rival Mihawk membuktikan hal itu. Namun, sebutan Raja Haki dan menganggapnya Yonko Terkuat kutentang. Bagiku sampai sekarang ini, tidak begitu. Itu berlebihan.

Shanks juga karakter yang berperan penting dalam beberapa hal. Salah satu yang paling vital adalah pertaruhannya menyongsong era baru dengan menyelamatkan nyawa Luffy sampai berkorban satu lengan.

Kejutan dan Shanks juga tak terpisahkan. Mungkin 'kejutan' adalah nama tengahnya. Menurutku pribadi, kebanyakan yang Shanks lakukan dan beberapa fakta tentang dirinya sukses mengejutkanku, seperti mengeluarkan Haki Hao saat belum ada penjelasan tentang itu, muncul di kapal Shirohige, hadir di Marineford, dan datang ke Mary Geoise.

Karakter yang satu ini juga melahirkan penggemar fanatik dan pembenci menakutkan. Sama-sama suka berlebihan. Biarlah mereka bahagia.
Open Comments