Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mengaktifkan NFC Asus Zenfone Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan NFC Asus Zenfone Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan NFC Asus Zenfone
Cara Mengaktifkan NFC Asus Zenfone Dengan Mudah – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengirim file data semisal video musik maupun foto kontak dan aplikasi. Biasanya para pengguna smartphone Android kebanyakan menggunakan wi-fi direct dengan perantara aplikasi Shareit karena dianggap lebih mudah untuk dipakai.
Selain memakai aplikasi Shareit tadi, aktifitas mentransfer file juga biasa dilakukan oleh pengguna smartphone melalui fitur bluetooth. Namun selain menggunakan kedua perantara tersebut mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa fitur NFC yang terdapat di Asus Zenfone juga bisa dipakai untuk berbagi dan mengirim file. Nah lalu bagaimanakah cara mengunakan NFC Asus Zenfone tersebut?

Cara Mengaktifkan NFC Asus Zenfone Dengan Mudah
Namun sebelum kami membahas tentang cara mengaktifkan NFC Asus Zenfone lebih rinci, lebih dulu kami akan mengulas tentang apakah itu NFC beserta cara kerjanya, mungkin sebagian dari kalian sempat bertanya apakah NFC itu, NFC atau near field communication adalah sebuah standar baru dalam transmisi nirkabel. NFC bisa dipakai untuk mentransfer semua informasi dari ponsel satu ke ponsel lainnya, caranya dengan memanfaatkan teknologi identifikasi frekuensi radio lewat induksi elektromagnetik. Teknologi RFID inilah yang menjadikan fitur NFC bisa bekerja, caranya yaitu mendorong arus listrik  dari komponen energi yang aktif ke dalam perangkat pasif dengan jarak maksimal sekitar 10 cm. Hal ini bisa diartikan bahwa NFC pada ponsel tidak membutuhkan suatu daya eksternal untuk dapat bekerja. Namun NFC juga tidak dapat dipakai mengisi daya baterai sebuah perangkat smartphone. Dikarenakan fitur NFC ini tidak memerintahkan induktansi yang mencukupi untuk mengisi daya. Akan tetapi NFC bisa dipakai untuk mentransfer file secara nirkabel. Bukan hanya itu saja, fitur NFC juga dapat dipakai untuk melakukan pembayaran lewat sistem pembayaran tanpa kontak NFC semisal Android Happy Plus, Beep maupun Android Pay. Nah itulah beberapa manfaat dari fitur NFC ini. Dan sekarang kami akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan NFC Asus Zenfone ini. Untuk lebih jelasnya bisa disimak di bawah ini.

Cara Menggunakan NFC di Asus Zenfone

  • Langkah pertama yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah ponsel Asus Zenfone tersebut sudah mendukung fitur NFC untuk mengetahuinya bisa melihat spesifikasi yang terdapat pada kotak nya.
  • Jika ponsel Asus Zenfone tersebut dipastikan sudah dibekali fitur NFC, maka langkah berikutnya adalah membuka menu setting/ pengaturan.
  • Kemudian pilih more/ lainnya
  • Setelah itu silakan pilih NFC, selalu geser tombol hingga aktif
Perlu diperhatikan ketika kalian ingin berbagi file dengan menggunakan fitur NFC ini, maka kalian harus memastikan bahwa perangkat pengirim maupun yang menerima tidak dalam keadaan mode sleep atau dalam keadaan terkunci. Lalu pastikan juga bahwa fitur NFC  tersebut beserta Android Beam sedang aktif. Sementara cara untuk mengaktifkan Android Beam adalah seperti ini.
setting nfc asus zenfone
  • Pertama buka menu setting pada ponsel Asus Zenfone kalian
  • Setelah itu langsung saja Pilih more/ lainnya
  • Selanjutnya geser tombol kedalam mode aktif

Cara Menggunakan/ Mengaktifkan NFC di HP Asus Zenfone

cara mengaktifkan nfc
  • Langkah pertama terlebih dahulu kalian buka layar smartphone yang berisikan sesuatu yang ingin kalian bagikan, semisal video YouTube, foto, gambar di halaman foto, situs website dan lain -lain.
  • Setelah itu kalian posisikan smartphone Asus Zenfone baik pengirim maupun penerima keduanya sama-sama saling membelakangi
  • Tanda bahwa kedua perangkat tersebut berhasil terhubung antara satu dengan yang lainnya adalah adanya bunyi notifikasi maupun getaran setelah itu gambar pada layar akan mengecil
  • Pada saat proses transfer sedang berjalan maka pada layar tersebut akan bisa dilihat adanya pemberitahuan yang mengatakan Beaming, apabila proses transportasi telah usai maka di situ akan terlihat tulisan Beam Complete.
menggunakan nfc asus
Nah bagaimana tidak terlalu sulit bukan melakukan transfer file dengan cara menggunakan fitur NFC Asus Zenfone ini. Kalian bisa melakukannya menggunakan dua perangkat yang memiliki kemampuan mentransfer NFC seperti Asus ZenFone 2 ZE55iML. Selanjutnya kalian tinggal membuka file manager lalu sentuh ikon Share. Setelah itu silakan pilih Android Beam. Setelah itu akan muncul sebuah from yang meminta kalian untuk melakukan penyadapan terhadap kedua perangkat secara bersamaan. Di sini kalian harus menyadap nya secara bersama di mana masing-masing belakang perangkat harus saling berhadapan. Setelah kedua perangkat tersebut mendeteksi tab kalian, maka transfer harus segera dimulai. Di sini kami sarankan ketika kamu melakukan transfer, terlebih dahulu kalian lepas pelindung atau Case pada smartphone Asus Zenfone kalian. Nah itulah tadi ulasan singkat tentang 2 cara mengaktifkan NFC Asus Zenfone dengan mudah, semoga apa yang kami sampaikan tadi kiranya bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.
Open Comments